INDONESIAHUB PAMERKAN PRODUK PREMIUM INDONESIA DI BEIJING

DSC09483 fulL

www.perdagangan.id Jakarta – IndonesiaHub berpartisipasi dalam Exhibition Expo China International Fair for Trade In Services (CIFTIS) di Beijing. CIFTIS adalah salah satu yang memiliki sejarah panjang sebagai tuan rumah pameran perdagangan jasa sejak 2012. Sebelumnya, CIFTIS dikenal sebagai Beijing Fair.

Selama penyelenggaraannya, CIFTIS berhasil menyebarkan gagasan, menghubungkan penawaran dan permintaan, membagikan peluang produk premium, dan mempromosikan pembangunan perdagangan jasa. Ekshibisi ini akan berlangsung secara online di ciftis.org pada Agustus sampai September. Sesi offline direncanakan untuk digelar selanjutnya dengan mengikuti situasi pandemi Covid-19 di Negara Tirai Bambu tersebut.

CIFTIS diikuti pula oleh International Trade Promotion Center (ITPC) Shanghai yang berkedudukan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing. ITPC sebagai organisasi nirlaba di bawah pengawasan Badan Pengembangan Ekspor Negara Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bertanggung jawab dalam meningkatkan ekspor nasional serta mengembangkan kesempatan kerja sama bisnis internasional.

Berbicara mengenai kesiapan dalam merealisasikan ekspor, khususnya bagi UKM, langkah terawal yang perlu dilakukan ialah kurasi produk dengan menimbang kualitas, kuantitas dan kontinuitas. Tiga hal tersebut adalah nilai fundamental yang akan membedakan produk premium UKM layak ekspor dengan yang bukan.

Ghafran Cakradiwirya selaku Managing Director IndonesiaHub menjelaskan bahwa selain kurasi produk, dibutuhkan wadah kolektif untuk menaungi beragam produk premium yang telah memenuhi tiga syarat tersebut sebelum ekspor dilakukan. “Setelah melalui kurasi, produk unggulan harus mendapatkan panggung yang membuka akses ke pasar global. Nah, di sinilah IndonesiaHub sebagai platform digital berskala internasional karya anak negeri berperan penting dalam membawa produk UKM Indonesia ke kancah perdagangan dunia,” ungkap Ghafran.

IndonesiaHub, dengan fitur katalog daring yang dikembangkan secara terintegrasi, membawa ide untuk memberikan akses bagi produk premium Indonesia ke ranah global dalam satu sistem marketplace berbasis business to business (B2B). Platform digital ini hadir sebagai strategi pemasaran dari ExportHub.id, pionir ekosistem perdagangan global dengan tiga layanan yang saling berkesinambungan: pengelolaan akses ke pembeli global, pengelolaan hubungan dengan pembeli global, dan pengelolaan toko online di platform global.

Virtual Booth IndonesiHub di Exhibition Expo China International Fair for Trade In Services (CIFTIS)

ExportHub.id memadukan rangkaian layanan hulu ke hilir tersebut untuk mendongkrak ekspor Indonesia ke pasar dunia dengan mengusung gerakan #LokalMengglobal dan #BeraniEkspor. Ia ditunjang oleh tiga bisnis unit terintegrasi: GeTI Incubator sebagai fasilitator pendampingan dan pelatihan di bidang ekspor, Usaha Perdagangan Indonesia sebagai akselerator perdagangan produk lokal terbaik di pasar nasional, serta AeXI sebagai eksekutor yang membuka akses masif menuju pembeli global.

Ketiga unit bisnis tersebut kian memantapkan peran ExportHub.id sebagai ekosistem perdagangan global pertama di Indonesia yang telah mengantarkan bermacam produk premium milik UKM ke USA, Prancis, German, UK, dan Vietnam. Dengan keikutsertaan IndonesiaHub dalam CIFTIS, diharapkan produk premium tanah air dapat jauh lebih mudah dan cepat dalam menjangkau konsumen mancanegara dengan memanfaatkan infrastruktur digital mumpuni buatan dalam negeri.

Leave a comment