Sembako: Temukan 9 Daftar Produknya dalam Juragans.id

sembako

Sembako atau akrab di telinga kita dengan sebutan sembilan bahan pokok adalah bahan-bahan dasar untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Tahukah Anda bahwa sebelumnya istilah sembako pertama kali populer sekitar tahun 1998 setelah terjadi krisis moneter. Saat itu, setidaknya ada sembilan bahan pokok yang dibutuhkan oleh semua masyarakat, mulai dari masyarakat dengan ekonomi rendah hingga masyarakat dengan menengah ke atas. Sembako juga diatur dalam Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No.115/MPP/Kep/2/1998 tanggal 27 Februari 1998. 

Jelang hari raya idul fitri seperti saat ini, paket sembako sering kali jadi rebutan masyarakat. Tahun ini masyarakat Indonesia juga mengalami kelangkaan paket sembako hingga tak heran jika kini semua orang berebut untuk mendapatkannya. 

sembako

Sepanjang bulan ramadhan hingga menjelang hari raya biasanya kebutuhan untuk memasak jadi bertambah. Euforia masyarakat untuk menjalankan puasa dan menyambut hari raya memang tidak ada tandingannya. Tapi tahukah Anda apa saja yang termasuk kedalam sembako? Yuk, cari tahu apa saja  9 isi paket sembako di bawah ini:

9 isi paket sembako 

Beras, Sagu, atau Jagung

Beras adalah makanan pokok sekaligus salah satu bahan makanan sumber energi bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Selain beras, ada juga sagu dan jagung yang juga termasuk kedalam makanan pokok. Sagu adalah makanan pokok bagi masyarakat Indonesia Timur. Selain itu di dalam sagu, terdapat karbohidrat dalam jumlah yang cukup banyak. 

Selain itu, sagu juga memiliki kandungan protein, vitamin, dan mineral, meskipun jumlahnya tidak banyak. Sementara itu biji jagung juga memiliki kandungan karbohidrat yang kaya. Namun jagung memerlukan air yang cukup sedikit jika dibandingkan dengan padi. Karena itu tak heran jika jagung banyak ditanam di wilayah kering, meskipun begitu  jagung banyak digunakan untuk sumber makanan pokok pengganti beras padi.

Gula Pasir (Sembako)

Salah satu isi sembako adalah gula pasir. Gula pasir banyak digunakan untuk pemberi rasa manis pada hidangan. Gula pasir atau sering juga disebut dengan gula putih merupakan bahan pokok untuk beberapa olahan, misalnya seperti kue, permen, biskuit, dan juga beberapa jenis minuman. Gula putih sendiri berasal dari  tebu dan juga tanaman bit atau umbi-umbian.

Sayur-sayuran dan Buah-buahan

Sayur dan buah-buahan juga termasuk ke dalam sembilan bahan pokok. Siapa yang tak mengenal kedua bahan pokok ini? Hampir semua orang mengetahui sayur-sayuran dan buah. Sayur dan buah memiliki kandungan yang beragam yang tentu saja kandungan tersebut sangat dibutuhkan untuk tubuh. Selain itu, keduanya juga masuk ke dalam makanan empat sehat lima sempurna, sebagai pemenuh serat dan vitamin bagi tubuh.

Sayur dan buah adalah sumber untuk vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan setidaknya 400g sayur dan buah per hari, tepatnya 250g sayur atau setara dengan 2,5 porsi, serta 150 g buah atau setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang, 1½ pepaya ukuran sedang, atau 3 buah jeruk ukuran sedang.

Daging Sapi, Ayam, dan Ikan

Daging-dagingan juga termasuk kedalam sumber protein yang dibutuhkan untuk tubuh manusia. Kandungan protein yang terdapat dalam daging hewani sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Hal ini lantaran, jutaan sel yang ada di dalam tubuh manusia bisa berfungsi dengan jumlah protein cukup. Selain itu, jika jumlah protein terpenuhi, manusia juga bisa beraktivitas dengan optimal.

 

Beberapa kandungan yang terdapat dalam daging adalah protein, lemak, Vitamin B3, B6, B9, dan B12, zat besi, zinc, dan selenium. Sementara itu, berbeda dengan daging sapi, daging ayam memiliki kandungan nutrisi seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, Vitamin A, D, E, B5, B12, dan K, dan rendah kolesterol. Selain itu, di dalam daging ikan juga terdapat nutrisi seperti protein, lemak esensial, Vitamin A, D, E, B6, dan B12, zat besi, seng, zinc, selenium, yodium, dan rendah kolesterol.

Minyak Goreng dan Margarin

Keberadaannya yang sempat langka membuat banyak masyarakat rela antri untuk mendapatkannya. Minyak goreng sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pangan, karena berfungsi untuk menggoreng hidangan. Sementara margarin, juga dapat menggantikan posisi minyak untuk menggoreng dengan skala kecil dan bisa digunakan dalam olahan kue. Secara fungsi, keduanya sangat mirip meskipun tetap terdapat perbedaan.  

Minyak secara umum memiliki kandungan lemak tak jenuh, yaitu monounsaturated dan polyunsaturated, sementara mentega memiliki rasa asin dan memiliki lemak jenuh lebih dalam bentuk protein mentega dan protein susu, Berbeda dengan keduanya, margarin mengandung lemak jenuh, dan lemak ini sehat untuk jantung.

Susu (Sembako)

Jenis minuman yang satu ini adalah  termasuk bahan pokok yang juga melengkapi makanan empat sehat lima sempurna. Susu sendiri mengandung zat gizi yang lengkap. Di samping itu, susu juga kaya akan protein, lemak, vitamin dan mineral, yang terpenting, mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang. Tak hanya itu, susu juga memiliki kandungan lain diantaranya adalah laktosa, yakni karbohidrat susu selain untuk energi juga memberi efek positif untuk kesehatan saluran cerna.

Telur Ayam

Hasil dari unggas yang juga tak kalah penting dalam memenuhi kebutuhan pokok adalah telur. Telur memiliki manfaat yang sangat banyak dalam kehidupan. Telur banyak digunakan untuk pangan misalnya memasak atau jadi bahan baku kue. Tak hanya itu, telur juga bisa bermanfaat untuk kecantikan. Telur bermanfaat untuk membantu perkembangan otak, menjaga kesehatan mata, dan menjaga stamina.

Minyak Tanah atau Gas ELPIJI

Minyak tanah bermanfaat karena penggunaanya sebagai bahan bakar untuk memasak. Meskipun saat ini, penggunaan minyak tanah sudah tergantikan oleh gas ELPIJI namun tak jarang juga masyarakat yang membutuhkannya untuk kebutuhan lain. Jika bahan bakar untuk memasak digantikan dengan ELPIJI itu artinya ELPIJI termasuk ke dalam bahan pokok yang penting. 

Garam beryodium dan bernatrium

Bahan terakhir di dalam sembako adalah garam. Mengapa garam termasuk kedalam sembako? Karena garam memiliki kandungan yodium atau natrium di dalamnya. Hal ini dimaksudkan karena garam beryodium memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat yang dihasilkan dari garam adalah untuk mencegah penyakit tiroid serta menjaga kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

 

Garam beryodium adalah jenis garam yang sudah difortifikasi dengan ditambahkan mineral yodium. Sementara yodium itu sendiri berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi hormon tiroid. Hormon tiroid adalah hormon yang berperan dalam mengatur proses metabolisme tubuh. 

Sedangkan Natrium atau secara sering dikenal dengan istilah garam merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh demi menjaga tekanan darah dan menyediakan saluran sinyal saraf.

Baca juga: UPI Perdagangan Luncurkan Juragans.id, Platform Bisnis Digital untuk Produk Unggulan Indonesia

Itulah daftar barang yang termasuk ke dalam sembako atau sembilan bahan pokok. Permintaan untuk sembako tidak akan pernah berkurang. Bagaimana tidak, mereka adalah bahan-bahan pokok yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Jika ada salah satunya yang langka maka masyarakat secara otomatis akan berebut untuk mendapatkannya.

sembako

Dapatkan semua produk sembako yang Anda inginkan di Juragans.id yang merupakan platform digital yang diluncurkan oleh UPI Perdagangan. UPI Perdagangan akan membawa produk ke dalam satu sistem berbasis marketplace business to business (B2B), dalam platform Juragans.id dan IndonesiaHub. Selain itu, UPI Perdagangan juga menyediakan layanan pengembangan produk dengan kurasi kualitas, kuantitas, dan kontinuitas. Layanan tersebut akan bermula dari  meneliti kualitas produk, menyediakan bahan baku, dan dukungan produksi. Jangan ragu untuk meningkatkan skala bisnis Anda dengan bergabung bersama kami, klik pada gambar di atas atau menghubungi via email cs@perdagangan.id.

Leave a comment