13 Jenis Jamur untuk Camilan dan Bahan Masakan

jenis jamur

Umumnya banyak orang yang menyukai jamur sebagai camilan hingga lauk pauk untuk makan. Namun tak banyak yang tahu berapa jenis jamur yang bisa dimakan. Kebanyakan orang mengenal jamur kancing, tiram, atau jamur merang. 

Tahukah Anda, masih banyak lagi jenis jamur yang bisa Anda coba untuk membuat camilan atau masakan. Tak hanya untuk dimakan, terdapat varietas lain dari tanaman hortikultura yang bisa dijadikan untuk obat-obatan.  Beberapa manfaatnya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan, menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Dewasa ini, jamur juga ramai diperbincangkan sebagai tanaman hortikultura yang  dan bahkan berguna untuk mengobati kanker dan penyakit serius lainnya.

jenis jamur

13 jenis jamur untuk dikonsumsi

Berikut adalah jenis-jenis jamur yang bisa dikonsumsi beserta manfaatnya bagi kesehatan:

Jamur Tiram

Jamur tiram atau Pleurotus ostreatus adalah jamur yang memiliki tubuh buah berwarna putih dan bentuk tudungnya setengah lingkaran mirip cangkang tiram. Jamur ini banyak ditemukan di daerah hutan yang sejuk.

Tanaman hortikultura jenis ini memiliki protein yang tinggi, kaya akan vitamin dan mineral serta karbohidrat. Sebuah sumber menyatakan bahwa tanaman hortikultura jenis ini mengandung protein vitamin C hingga zat besi yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh serta melindungi dari kerusakan sel.

Jenis Jamur Morel (Morchella esculenta)

Tanaman hortikultura jenis ini biasanya banyak ditemukan di sebagian besar wilayah Amerika Serikat, Jenis ini biasanya tumbuh di pohon dengan kayu yang keras atau area bekas terbakar. Jenis ini memiliki bentuk tudung yang menyerupai sarang lebah serta berwarna abu-abu kekuningan.

Jamur Chanterelle

Jenis satu ini namanya memang tampak asing. Jenis Chanterelle atau Chanterelle emas merupakan jenis yang memiliki warna kuning seperti emas. Bentuknya dari jenis ini menyerupai corong serta memiliki tekstur yang kenyal. Berbeda dari yang lain, jenis ini memiliki rasa yang agak pedas dan memiliki bau seperti aprikot.  Meski begitu, jenis ini tetap aman untuk dikonsumsi. Jenis yang memiliki kandungan vitamin D, zat besi, vitamin B5, dan vitamin B3 yang tinggi ini lebih mudah ditemukan di Eropa. 

Jamur Kancing

Jenis kancing atau Agaricus bisporus merupakan jenis yang biasa diolah di Indonesia. Seperti namanya, jenis ini berbentuk bulat menyerupai kancing dan memiliki warna putih, krem, hingga coklat muda.

Jenis ini banyak digunakan sebagai pelengkap dalam pizza, omelette, dan kaserol. Jenis kancing ini kaya akan vitamin dan potassium namun juga rendah kalori sehingga cocok bagi orang yang sedang diet kalori.

Jamur Merang

Jenis yang satu ini banyak dikenal oleh masyarakat umum. Jenis merang atau volvariella volvacea adalah jenis yang banyak dibudidayakan di Asia Tenggara dan Asia Timur. Jenis yang satu ini berbentuk bulat seperti telur dan berwarna coklat keabu-abuan. Jamur ini tumbuh baik pada merang dan jerami yang telah dibuat kompos.

Jenis Jamur Enoki

Jenis yang satu ini bisa dengan mudah ditemukan. Jenis enokitake adalah jamur yang sangat populer untuk dibudidayakan. Bentuk dari jenis ini menyerupai tauge dan berwarna putih. Tak hanya untuk makanan, dalam pengobatan Asia, jamur enoki telah digunakan sangat lama dan diperkirakan sejak  berabad-abad lamanya. Biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit hati, dan penyakit perut.

Jenis Jamur Kuping

Jenis ini cukup mudah untuk ditemukan di pasaran. Jenis ini memiliki bentuk yang seperti kuping dengan warna merah kecoklatan hingga hitam. Jenis Auricularia auricula ini memiliki tekstur seperti jelly. Jenis yang satu ini, juga cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang mengidap hipertensi karena jamur ini memiliki senyawa dengan sifat antikoagulan.

Jamur Sweet Tooth, Wood Hedgehog, or Hedgehog (Hydnum repandum)

Jenis yang satu ini merupakan jenis yang berkerabat dekat dengan Chanterelle. Jenis  ini memiliki bentuk yang tidak teratur, kadang tudungnya bergelombang dan atau datar kadang juga terbalik. Jenis ini berwarna coklat tua dengan daging keputihan dan bercak jingga. Jenis ini bisa ditemukan di Asia, Eropa dan Amerika Utara. 

Jamur Shimeji

Jenis ini adalah jenis jamur yang banyak ditemukan di Asia Barat maupun utara Eropa. Jenis yang satu ini banyak dikonsumsi sebagai olahan karena saat mentah jamur ini memiliki rasa yang pahit. Jenis  ini memiliki tekstur yang renyah dan rasanya sedikit pedas.

Jamur Porcini

Jamur porcini atau Boletus edulis adalah jamur yang tersebar di utara Eropa, Asia, dan Amerika. Jenis porcini memiliki tudung besar berwarna kecoklatan dan biasa dimasak dengan pasta, sup, dan risotto.

Jamur Tudung Pengantin

Jenis ini juga dikenal dengan Phallus indusiatus adalah jenis yang memiliki bentuk unik menyerupai tirai dan memiliki banyak lubang seperti tudung. Walaupun baunya mirip seperti bangkai, namun jamur ini banyak dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit kardiovaskular dan dipercaya berkhasiat untuk mata.

Jamur Terompet Hitam

Jenis ini, banyak disebut sebagai chanterelles hitam. Meskipun tampilannya tidak menarik, namun rasanya sangat lezat. Bahkan, saat jenis ini dibiarkan mengering, rasanya bahkan menyerupai truffle hitam.

Jenis Jamur Reishi

Jenis yang masih jarang di Indonesia yaitu jenis jamur reishi. Jenis reishi atau lingzhi dianggap sebagai standar emas dalam hal jamur obat. Jenis ini cukup langka di alam liar akan tetapi saat ini banyak dibudidayakan di kayu gelondongan keras atau serbuk gergaji dalam skala komersial.

Baca juga: Jajanan Korea yang Populer untuk Ide Bisnis Kuliner

Mulai bisnis dan temukan kemudahan bersama UPI Perdagangan

jenis jamur

Dapatkan semua produk sembako yang Anda inginkan di Juragans.id yang merupakan platform digital yang diluncurkan oleh UPI Perdagangan. UPI Perdagangan akan membawa produk ke dalam satu sistem berbasis marketplace business to business (B2B), dalam platform Juragans.id dan IndonesiaHub. Selain itu, UPI Perdagangan juga menyediakan layanan pengembangan produk dengan kurasi kualitas, kuantitas, dan kontinuitas. Layanan tersebut akan bermula dari  meneliti kualitas produk, menyediakan bahan baku, dan dukungan produksi. Jangan ragu untuk meningkatkan skala bisnis Anda dengan bergabung bersama kami, klik pada gambar di atas atau menghubungi via email cs@perdagangan.id.

Leave a comment