Manfaat Madu yang Membuat Peluang Ekspor Semakin Meningkat

Manfaat Madu yang Membuat Peluang Ekspor Semakin Meningkat

www.perdagangan.id Jakarta – Madu merupakan cairan dengan rasa manis bertekstur kental yang berasal dari nektar bunga dan diproduksi oleh lebah. Cairan manis yang bisa dijadikan sebagai pengganti gula ini memiliki berbagai manfaat yang bisa dijadikan peluang bisnis juga ekspor. Manfaat madu yang memang dikenal bagus untuk kesehatan membuatnya banyak disukai oleh konsumen.

Kandungan Nutrisi pada madu memberikan banyak keuntungan bagi siapa saja yang mengonsumsi madu. Konsumsi madu secara rutin bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) yang mana jika kadar LDL ini melebihi batas maka bisa berisiko pada kesehatan jantung manusia. Dalam satu sendok makan madu mengandung 64 kalori, 17 gula yang terdiri dari glukosa, fruktosa, maltosa, dan sukrosa.

Selain itu, nutrisi lainnya yang terkandung dalam 100 gram madu terdiri dari; protein 0,3 gram, karbohidrat 79,5 gram, serat 0,2 gram, kalsium 5 mg, fosfor 16 mg, zat besi 0,9 mg, natrium 6 mg, kalium 26,9 mg, tembaga 0,04 gram, seng 0,2 gram, riboflavin atau vitamin B2 0,04 mg, niacin atau vitamin B3 0,1 mg, dan vitamin C. Madu juga kaya akan kandungan antioksidan seperti asam fenolik dan flavonoid.

Manfaat Madu Untuk Tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya membantu tubuh untuk melawan radikal bebas yang mana bisa memicu refluks asam lambung kambuh karena rusaknya sel-sel yang melapisi saluran pencernaan hingga berakibat pada timbulnya iritasi di tenggorokan. Ini merupakan salah satu dari sekian banyak manfaat madu yang ada. Selain itu manfaat madu untuk tubuh lainnya yaitu:

1. Membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan

2. Memiliki potensi menurunkan risiko kanker

3. Membantu menurunkan resiko penyakit jantung

4. Menurunkan kadar gula darah

5. Menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah

6. Merawat kulit agar awet muda

7. Membantu penyembuhan luka

8. Sebagai obat batuk alami

Tahukah kalian jika pada zaman Mesir Kuno pernah digunakan sebagai mata uang? Selain itu, masyarakat Mesir Kuno menggunakan madu sebagai obat untuk meredakan sesak nafas dan demam. Cleopatra pun menggunakan madu untuk merawat kecantikan wajah dan kehalusan kulitnya. Dia juga menggunakannya untuk meningkatkan stamina juga vitalitasnya. Lalu dengan kekuatan madu yang bisa melawan kuman, masyarakat Mesir Kuno pun menggunakannya untuk mengawetkan mayat.

Jenis-Jenis Madu Asli Indonesia

Manfaat madu yang berasal dari sekitar 300 lebih jenis yang diproduksi oleh lebah-lebah setelah menghisap banyak nektar pada hampir setiap tumbuhan di dunia ini, Indonesia memiliki madu khasnya sendiri yang berasal dari hutan-hutan juga tumbuhan di Indonesia. Berikut beberapa jenis madu asal Indonesia yang berkhasiat:

1. Madu Klanceng (Trigona)

2. Madu Kelengkeng

3. Madu Kopi

4. Madu Tawon Gung

5. Madu Hutan Timor

6. Madu Pelawan

7. Madu Rambutan

8. Madu Hutan Sumatera

Manfaat Madu Disukai Oleh Banyak Orang

Alasan banyak orang mengkonsumsi madu adalah karena banyaknya manfaat madu yang bisa dirasakan dan baik untuk tubuh mereka. Seperti manfaat madu yang bagus untuk kesehatan jantung dengan mencegah terjadinya penyakit jantung, membantu menurunkan berat badan, menghalau radikal bebas, dijadikan obat batuk, membunuh bakteri, menyembuhkan luka bakar, dsb.

Dengan manfaat madu yang banyak itulah orang-orang yang berada di seluruh dunia berusaha sebisa mungkin untuk mendapat madu berkualitas baik. Hal ini pun berimbas pada naiknya jumlah penjualan madu asal Indonesia ke pasar global. Seperti madu hutan Jambi yang berhasil diekspor ke Singapura yang mencapai 60 ton per tahun atau sekitar 5 ton per bulannya.

Madu yang merupakan salah satu dari 10 komoditas unggulan Indonesia ini pun berhasil menarik perhatian HongKong untuk melakukan impor. Hal ini bisa terjadi karena meningkatnya permintaan ekspor madu ke Hongkong. Kabar baik ini pun menjadi angin segar untuk para pelaku ekspor. Adapun kategori madu yang bisa diekspor adalah:

  1. HS CODE 0409.00 Natural honey
  2. HS CODE 3001.90 Royal Jelly
  3. HS CODE 0511.99 Propolis (solid and raw masses)
  4. HS CODE 2106.90 Propolis (ethanol extracted)

Baca Juga: Pakan Ternak Bisa Menjadi Pundi-Pundi Dollar, Lho!

Strategi untuk Ekspor Madu ke Hongkong

Sebelum produk madu kalian bisa diekspor, ada baiknya jika mengetahui strategi agar produk kalian bisa benar-benar tembus ke pasar HongKong. Dengan strategi yang baik dan matang, peluang untuk produk kalian bisa lolos ekspor pun semakin terbuka lebar. Oleh karena itulah penting bagi kita untuk membuat strateginya terlebih dahulu.

1. Melakukan market survey untuk mengetahui kebutuhan madu di HongKong

2. Perhatikan Produknya

Sebelum bisa mengekspor madu ke HongKong, perhatikanlah terlebih dahulu produk yang kalian miliki. Apakah sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah HongKong dan standar internasional? Beberapa hal yang perlu kalian lakukan untuk memastikan produk madu kalian adalah dengan menjaga kualitas madu, menjaga kestabilan pasokan, membuat kemasan yang baik dan menarik dengan memperhatikan faktor lingkungan, sanitasi, dan desain yang menarik.

3. Pemasaran dan Promosi

  • Aktif mengikuti pameran untuk mengenalkan dan mempromosikan madu alam Indonesia
  • Promosi melalui e-catalogue, website atau media lainnya
  • Memanfaatkan e-commerce B2B global

4. Bekerja sama dengan agen dan distributor HongKong dan mengembangkan jaringan pemasaran yang efisien untuk mengoptimalkan ekspor

5. Proaktif dengan Perwakilan Dagang Luar Negeri di HongKong untuk membantu promosi dan mengetahui pasar

Negara Tujuan Ekspor Madu Indonesia
  1. Kanada
  2. Tiongkok
  3. Singapura
  4. Jerman
  5. HongKong
  6. Vietnam

Baca juga: Eksportir; Syarat, Klasifikasi Serta Prosedur Kepabeanannya

Itulah ringkasan mengenai segala jenis manfaat madu untuk kesehatan yang akhirnya membuat banyak orang-orang di dunia ini mengincarnya. Mulai dari produk madu dari dalam negeri sampai produk yang berasal dari luar negeri. Keuntungan yang dihasilkan dari hal itu pun menjadi peluang yang sangat bagus untuk dimanfaatkan sebagai peluang bisnis dan ekspor.

Akselerasi produk anda bersama UPI Perdagangan agar bisa menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia!

Usaha Perdagangan Indonesia

UPI Perdagangan membawa produk ke dalam satu sistem berbasis marketplace business to business (B2B), yaitu Juragans dan IndonesiaHub. Selain itu, kami menyediakan layanan pengembangan produk dengan kurasi kualitas, kuantitas, dan kontinuitas mulai dari meneliti kualitas produk, menyediakan bahan baku, dan dukungan produksi. Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan menghubungi (+62) 857-0887-6101 (Agnes) atau via email cs@perdagangan.id.

Leave a comment