Pakan Ternak Bisa Menjadi Pundi-Pundi Dollar, Lho!

Pakan Ternak Bisa Menjadi Pundi-Pundi Dollar, Lho!

www.perdagangan.id Jakarta – Sebagai seorang peternak pasti ada kalanya keinginan untuk sukses dalam bidang terkait muncul di benak. Untuk bisa meraih kesuksesan itu kita perlu membekali diri dengan banyak hal seperti memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang peternakan, pengalaman, ketekunan dan yang paling pentingnya lagi adalah memiliki pengetahuan mengenai ilmu pakan ternak yang benar.

Pakan ternak merupakan salah satu faktor dari penyebab suksesnya peternakan. Bahan-bahan pakan ternak yang benar, bagus dan berkualitas bisa membuat hewan ternak tumbuh dan berkembangbiak dengan sehat dan mengurangi faktor kegagalan dalam beternak atau hewan dengan kualitas yang buruk karena mudah terserang hama maupun penyakit lainnya.

Bahan Untuk Pakan Ternak

Pakan yang merupakan makanan juga asupan untuk diberikan kepada hewan ternak atau hewan peliharaan agar bisa menjadi sumber energi serta materi bagi pertumbuhan mereka, maka zat yang paling penting ada dalam pakan ternak adalah protein. Selain itu, kebutuhan pakan ternak yang berkualitas seharusnya mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat pakan ternak sudah pasti harus bisa dimakan, dicerna dan digunakan untuk ternak. Zat-zat yang terkandung dalam bahan makanan bisa didapatkan dari tanaman dan hewan yang terdiri dari air serta bahan kering. Untuk bahan kering sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu bahan organik yang mengandung karbohidrat, lemak, protein serta vitamin, dan anorganik yang mengandung mineral.

Ada banyak jenis bahan makanan yang bisa digunakan sebagai pakan ternak. Namu secara umum sumbarprov.go.id memparkan jika bahan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi terbagi menjadi 5 jenis, yaitu:

1. Pakan Kasar

Merupakan pakan yang bervolume besar tetapi berat dari setiap unit volume-nya rendah. Jenis pakan ini bisa didapatkan dari hijauan, seperti

  • Rumput, bisa rumput lapangan, rumput tanaman, rumput grinting, rumput benggala, rumput kolonjono, rumput tuton.
  • Daun leguminosa
  • Sisa hasil panen seperti jerami, baik jerami padi, kedelai, jagung, maupun kacang tanah.

Pakan kasar ini sangat direkomendasikan untuk ternak ruminansia. Alasannya adalah pakan jenis ini memiliki serat kasar yang tinggi sekitar 18% dari hijauan guna merangsang rumen serta bagus untuk menentukan kadar lemak susu.

Adapun jenis rumput unggulan yang bagus untuk digunakan dari jenis hijauan pakan ternak ini berasal dari lima jenis rumput yaitu, rumput gajah yang toleran terhadap berbagai jenis macam tanah, rumput benggala yang memiliki ciri berupa bunga berwarna hijau atau keunguan, rumput raja yang mampu tumbuh dengan baik pada daerah dengan tanah yang ringan sampai berat, rumput meksiko yang berasal dari Mexico dan Amerika Tengah dan tahan pada musim kemarau, dan rumput setaria dengan nama lainnya yaitu Golden Timothy.

2. Pakan Penguat (Konsentrat)

Merupakan pakan ternak dengan kandungan serat kasar rendah di bawah 18%. Nutrisi yang ada di dalamnya berupa energi dan protein. Ada dua perbedaan konsentrat, yaitu konsentrat sumber energi dengan kadar protein kurang dari 20%, dan konsentrat sumber protein yang memiliki kadar protein diatas 20%. Pakan ini diberikan bersamaan dengan bahan lainnya untuk meningkatkan kandungan gizinya.

3. Pakan Fermentasi

Berasal dari proses amoniasi atau bahasa lainnya adalah peragian atau pemeranan dengan tujuan agar memaksimalkan pengawetan kandungan gizi yang ada pada pakan hijauan atau bahan pakan lainnya lalu bisa disimpan dalam waktu yang lama tapi jumlah nutrisinya tidak berkurang. Jika kebutuhan gizi dan nutrisinya tercukupi, kualitas dari hewan ternak untuk bisa jadi semakin baik dan juga berdampak pada nilai jualnya.

4. Mineral

Zat ini sangat dibutuhkan untuk hewan ternak perah. Tambahan mineral akan dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan mineral ekstra dari hewan ternak.

5. Vitamin

Berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan menjaga fungsi alami dari sistem tubuh hewan. Meski hanya sedikit dibutuhkan, keberadaan zat ini tidak boleh diabaikan. Sebab dengan adanya vitamin bisa mengurangi resiko lemah, sakit bahkan kematian dari hewan ternak.

6. Pakan Tambahan

Jenis ini digunakan untuk tambahan saja. Bukan digunakan sebagai konsumsi pokok. Ketersediaan pakannya yang dimaksudkan adalah produk yang tidak bernutrisi, namun berguna untuk menjaga kesehatan, mencegah penyakit juga menyembuhkan hewan ternak. Bentuknya bisa berupa antibiotik, antitoksin, obat cacing, hormon, dan yang lainnya.

Pakan Ternak yang Menjadi Pundi-Pundi Dollar

Tahukah kalian jika pakan ternak bisa berubah menjadi pundi-pundi dollar? Bagaimana bisa? Jawabannya adalah karena pakan ternak kini menjadi salah satu peluang untuk bisnis ekspor ke luar negeri. Liputan6.com menulis, pada Jum’at, 30 April 2021, pakan ternak sapi Indonesia berhasil diekspor dengan jumlah mencapai 52,5 ton atau senilai hampir Rp 200 juta ke pasar Brunei Darussalam.

Lalu pada Kamis, 14 Oktober 2021, CNN Indonesia menuliskan bahwa produk pakan unggas Indonesia asal Sumatera Utara sebanyak 40 ton senilai US$ 21,8 ribu atau setara dengan RP 316 juta berhasil diekspor perdana ke Singapura. Produk pakan unggas ini bisa dikirim setelah lulus masa karantina berupa pemeriksaan fisik dan juga kesesuaian dokumen administrasi oleh pihak Karantina Pertanian Belawan sebelum Health Certificate (HC-red) diterbitkan.

Selain itu, Pakan ternak unggas ini diperbolehkan untuk ekspor karena sudah memenuhi persyaratan yang berlaku pada pasar Singapura dengan komposisi berupa bahan baku lokal yang mencapai 70% dibandingkan dengan bahan baku impor. Dengan berhasilnya kegiatan ekspor ini, Kepala Barantan berharap jika ekspor pakan ternak bisa terus meningkat hingga ke beberapa negara tujuan lainnya.

Dari data yang tertera di atas, kemungkinan untuk merubah pakan ternak menjadi pundi-pundi uang semakin meyakinkan. Dengan begini peternak tidak hanya bisa meningkatkan pemasukan keuangan melalui penjual hewan ternak saja. Sebab peternak kini juga bisa meningkatkan pemasukan keuangan melalui ekspor dari salah satu komoditas pertanian. Tentunya dengan syarat dan kualitas bagus yang harus dipenuhi, ya!

Akselerasi produk anda bersama UPI Perdagangan agar bisa menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia!

Usaha Perdagangan Indonesia

UPI Perdagangan membawa produk ke dalam satu sistem berbasis marketplace business to business (B2B), yaitu Juragans dan IndonesiaHub. Selain itu, kami menyediakan layanan pengembangan produk dengan kurasi kualitas, kuantitas, dan kontinuitas mulai dari meneliti kualitas produk, menyediakan bahan baku, dan dukungan produksi. Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan menghubungi (+62) 857-0887-6101 (Agnes) atau via email cs@perdagangan.id.

Leave a comment