Muslim Fashion Indonesia Punya Peluang Ekspor yang Meyakinkan!

Peluang Ekspor fesyen Muslim Indonesia Semakin meyakinkan! Kok, Bisa?

www.perdagangan.id Jakarta – Peluang ekspor Indonesia dalam bidang muslim fashion semakin meyakinkan sejak digelarnya event Embracing Jakarta Muslim Fashion Week pada Kamis, 18 November 2021 di Stadium Aquatic Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Merupakan sebuah event yang digelar berkat adanya kerja sama antara Kementerian Perdagangan RI, KADIN, desainer, dan juga akademisi yang berasal dari 15 perguruan tinggi fashion di Indonesia.

Hadirnya event Embracing Jakarta Muslim Fashion Week 2021 pastinya banyak menampilkan berbagai macam desain muslim fashion karya desainer dan mahasiswa fashion Indonesia yang berciri khaskan budaya Indonesia. Acara ini jelas digelar dengan berbagai macam alasan yang ada di negara ini. Mulai dari mayoritas masyarakat muslim Indonesia hingga banyaknya budaya yang ada di dalam negeri.

Peluang ekspor muslim fashion Indonesia mulai terbuka

Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbanyak di dunia. dengan banyaknya jumlah tersebut sudah bisa diperkirakan bukan? Tentang jenis fesyen seperti apa yang akan dipilih oleh mereka? Jadi, kemungkinan bagi masyarakat muslim Indonesia untuk menaruh minat dan perhatian mereka terhadap muslim fashion pun tinggi.

Dengan tingginya minat dan perhatian masyarakat terhadap muslim fashion, para desainer maupun akademisi yang mempelajari dunia fesyen pun melihat sebuah kesempatan emas di mata mereka. Dengan kesempatan itulah, mereka pun berusaha untuk menciptakan sebuah produk indonesia berupa desain muslim fashion yang identik dengan Indonesia agar bisa menjadi peluang dan mengalami peningkatan ekspor juga nilai ekspor Indonesia terhadap muslim fashion.

The State of Global Islamic Economic menyatakan bahwa Indonesia menjadi negara yang terbaik kedua dalam pertumbuhan industri muslim fashion dengan jumlah konsumsi yang mencapai US$21 miliar dan juga pertumbuhan rata-rata 18,2% per tahun. Jadi, event tersebut bisa membantu untuk mensosialisasikan perkembangan dan juga keberagaman produk muslim fashion di Indonesia ke pasar global.

Selain Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, Indonesia juga merupakan negara yang memiliki berbagai macam ras, suku, adat-istiadat dan lain sebagainya. keberagaman seperti itulah yang menjadi ciri khas Indonesia dari negara yang lain. Para desainer dan juga akademisi yang mempelajari bidang fesyen pun menjadikannya sebagai point-point yang juga disertakan dalam karya desain fesyen mereka.

Baca juga: Komoditas Ekspor Indonesia ini jadi Unggulan di Pasar Global

Berbagai macam potensi yang menjadi peluang ekspor di pasar global

Langkah awal agar suatu fesyen desain memiliki peluang pasar ekspor produk di luar negeri, tentu saja produk tersebut harus memiliki suatu keunikan atau ciri khas yang tidak dimiliki oleh produk luar. Dengan adanya keunikan dan ciri khas itulah yang bisa membuat perhatian masyarakat luar teralihkan kepada produk muslim fashion Indonesia. para produsen pun bisa menggunakan ciri khas dari budaya Indonesia sebagai potensinya.

Adapun visi yang disampaikan dalam event, yaitu Industri fesyen muslim nasional memiliki kisah mengenai keterbukaan, kreativitas, kewirausahaan berdampingan dengan gaya hidup, perdagangan, dan juga agama. Dengan keragaman warisan Indonesia yang kaya, para desainer milenial dan UKM lokal pun bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat sebuah produk yang memiliki ciri khas dari karakternya.

Busana muslim Indonesia memiliki berbagai macam potensi mulai dari ragam desain dengan ciri khas budaya yang menampilkan wastra Indonesia, seperti batik, tenun, bordir, dan juga aksesorisnya. Potensi-potensi tersebut jelas terbilang besar jika bisa disatupadukan ke dalam sebuah karya desain fesyen muslim sehingga dianggap mampu untuk bersaing di pasar global.

Selain itu, ada juga industri yang turut serta dalam mendukung Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia, yaitu industri produk kosmetik dan kecantikan yang halal. Potensi-potensi itulah yang diikutsertakan dan juga ditampilkan oleh para desainer, merek, dan juga mahasiswa Indonesia melalui karya-karya desain fesyen muslim mereka dalam acara Embracing Jakarta Muslim Fashion Week.

Secara online, menurut Ketua Indonesia Fashion Chamber (IFC), acara yang bertemakan “Local Brand for Global Market” ini berguna untuk memperkenalkan perkembangan fesyen muslim di Indonesia, khususnya tentang keberagaman produk ke pasar global. Dengan sosialisasi itulah nilai produk fesyen muslim yang sudah terstandarisasi sesuai dengan kebutuhan pasar ekspor menjadi lebih kuat.

JMFW akan menjadi program annual Kemendag dan KADIN

Anne Patricia Sutanto, Perwakilan KADIN sekaligus wakil ketua komite promosi fesyen muslim mengatakan jika Kemendag dan KADIN ingin membesarkan sektor-sektor usaha berorientasi domestik dan juga ekspor dengan berencana untuk membuat acara Jakarta Muslim Fashion Week menjadi program annual agar kedepannya bisa dijadikan sebagai muslim Fashion Event terbesar di dunia.

Acara Embracing Jakarta Muslim Fashion Week ini dibagi ke dalam tiga sesi parade fesyen, yaitu parade busana, gelar wicara dan juga showcase. Pada parade fesyen sesi pertama acara tersebut menampilkan karya-karya dari para desainer muda berbakat yang berasal dari 15 sekolah fesyen di Indonesia. Hal itu jelas menjadi suatu kebanggaan yang patut untuk diberikan apresiasi.

Jadi, untuk kalian semua yang saat ini sedang berusaha membangun brand lokal fashion milik kalian ke pasar global, salah satu jenis fesyen ini mungkin bisa kalian coba!

#GedeinUsaha dengan akselerasi produk Anda ke pasar lokal dan global bersama UPI Perdagangan!

Usaha Perdagangan Indonesia

UPI Perdagangan membawa produk ke dalam satu sistem berbasis marketplace business to business (B2B), yaitu Juragans dan IndonesiaHub. Selain itu, kami menyediakan layanan pengembangan produk dengan kurasi kualitas, kuantitas, dan kontinuitas mulai dari meneliti kualitas produk, menyediakan bahan baku, dan dukungan produksi. Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan menghubungi (+62) 857-0887-6101 (Agnes) atau via email cs@perdagangan.id.

Related Posts

Leave a comment